Geografi-Gegrafi Dan Andimanwno, Blog Guru Geografi Berkualitas

Sebagai guru geografi, saya membutuhkan banyak bahan untuk mengajar. Baik itu materi, media, dan juga perangkat pembelajaran. Apalagi setelah mengelola blog yang membahas soal-soal geografi, kebutuhan saya akan bahan belajar semakin mendesak.

Di internet, banyak yang menyediakan bahan belajar mengajar mata pelajaran geografi, tapi sudah bukan rahasia lagi jika isinya dangkal. Bahkan ada yang meng-copas dari buku mata pelajaran geografi tanpa mencamtumkan sumber.

Di antara sekian banyak blog yang menyajikan materi belajar mengajar geografi, ada dua blog yang berulangkali saya kunjungi karena isinya yang mendalam: andimanwno dan geografi-geografi. Berikut ulasan dua blog tersebut:

Blog geografi-geografi

Inilah blog geografi pertama yang saya kunjungi ketika mencari bahan untuk diajarkan, saat saya pertama kali menjadi guru. Waktu itu blog ini muncul pada halaman pertama dengan kata kunci geografi yang kuketik di kolom pencarian google. Tidak sembarang blog yang muncul pada halaman pertama dengan kata kunci tunggal. Itu berarti blog milik Wakasek Kurikulum salah satu SMA di Bengkulu ini, bukan blog sembarangan. Setelah dibuka, ternyata melampaui harapan saya.
geografi-geografi
Isi yang disajikan dalam blog ini bervariasi. Mulai dari bahan ajar, media pembelajaran dan perangkat pembelajaran sampai segala hal yang berkaitan dengan ujian nasional dan olimpiade sains.

Bahan ajarnya meliputi materi pembelajaran, file presentasi, dan ebook. materi pembelajarannya hampir mencakup semua submateri di kelas X-XII. Tidak hanya materi yang sama dengan di buku-buku mata pelajaran geografi, ada juga materi pengayaan untuk siswa. Misalnya seri panduan pemetaan partisipatif.

Pada file presentasinya yang bisa diunduh gratis, kebanyakan adalah materi kelas XI dan XII. Sedangkan ebooknya, semuanya berbahasa inggris. Sementara file media pembelajarannya, pengunjung dengan mudah bisa mengunduh animasi yang bisa diputar dengan swf player. Ada juga animasi dalam bentuk flash player.

Guru yang bingung mencari rujukan untuk membuat perangkat pembelajaran, di blog ini, bisa diunduh juga seperti juknis pengembangan RPP dan silabus, program tahunan dan semester, silabus, RPP, dan lain-lain.

Buat yang mencari file yang berkaitan dengan ujian nasional dan olimpiade sains, ini adalah blog yang sangat tepat buat kalian. Soal ujian nasional mulai tahun 2008-2014. Soal 2008 dan 2011 lengkap dengan pembahasan. Sementara soal olimpiade sains, cabang astronomi mulai tahun 2003 higga 2014. Cabang kebumian 2008-2014. Cabang geografi, soalnya untuk tingkat kabupaten dan propinsi adalah tahun 2013 dan 2014.

Masih banyak lagi file-file siap unduh yang bermanfaat bagi pembaca di blog ini. Jadi, tunggu apa lagi, berkunjunglah ke blog geografi-geografi

Blog andimanwno

Sama dengan blog geografi-geografi, saya juga pertamakali mengunjungi blog ini lima tahun lalu ketika pertama kali mengajar. Template blog ini sedap dipandang mata. Background-nya putih dan tata letak rubriknya teratur. Dan yang paling baik adalah navigasinya.
andimanwno
Materi pengayaan di blog milik guru geografi MAN Wonosari ini, menyediakan banyak tulisan berkualitas. Kalau materi pengayaan yang sering saya baca selama ini masih membahas tentang penjabaran teori, di blog ini teorinya sudah dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa alam yang pernah terjadi di luar negeri dan dalam negeri, seperti tsunami Jepang dan studi: Bromo, Merapi, dan Krakatau.

Pada kategori materi pembelajaran, pembaca akan mendapati tulisan tentang item and tes analysis manual (iteman) yang merupakan perangkat analisis butir soal dan tes. Pada tulisan itu, pembaca akan dibimbing dalam membuat file data, menjalankan program, dan interpretasi hasil analisis. Selain itu ada juga cara penggunaan earthgoogle.com yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran pada materi SIG dan penginderaan jauh di kelas XII.

Keunggulan blog ini juga adalah penyediaan buku sekolah elektronik yang lengkap dan bisa diunduh dengan mudah. BSE tersebut dalam format pdf, meliputi kelas X: 10 buah, kelas XI: 10 buah, dan kelas XII: 8 buah.

Ada juga beberapa video pembelajaran di blog ini. Gejala alam yang selama ini hanya bisa dibaca di buku bisa lebih mudah dipahami dengan menonton videonya. Seperti gempa bumi yang menyebabkan tsunami, pembentukan gunung berapi, pelapukan dan erosi, dan beberapa lainnya.

Pada kategori tutorial, ada ulasan tentang beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Pertama adalah stelarium yang bisa digunakan untuk menjelajahi alam semesta dalam tiga dimensi. Kedua adalah enigeo yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi negara-negara di dunia. Ketiga adalah celestaria yang bisa membawa penggunanya menjelajahi 100.000 bintang di tata surya ini.

Bagi guru yang senang mengajar dengan laptop dan proyektor, bahan-bahan di blog ini sangat mendukung. Sedangkan bagi siswa yang selama ini kurang paham dengan pelajaran geografi karena hanya mengandalkan buku cetak saja dalam belajar, bahan-bahan di blog ini bisa membantu kalian untuk lebih memahaminya. Mari berkunjung ke blog andimanwno

Bukan berarti hanya dua blog ini yang berkualitas dalam menyajikan bahan belajar dan mengajar geografi, mungkin ada yang lainnya hanya belum saya kunjungi. Karena ada ratusan atau bahkan ribuan blog geografi di jagat maya ini, jika ada yang kualitasnya menyamai dua blog ini, beri tahu saya.


pembahasangeografi

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Geografi-Gegrafi Dan Andimanwno, Blog Guru Geografi Berkualitas"