Passion: Bermain-main Kemudian Dibayar

Kerja berdasarkan hobi

Sebentar lagi ujian nasional, sebagian siswa-siswaku, yang memiliki visi yang baik, bertanya, jurusan apa yang bagus untuk kuliah nantinya. Lalu saya bertanya balik, pelajaran apa yang paling kalian sukai? Kemudian mereka menyebutkan beberapa mata pelajaran. Lalu mereka berkata, "yang penting jurusan yang setelah tamat bisa cepat dapat kerja." Kemudian dengan bercanda, saya mengatakan "Tak usah kuliah, jadi pengusaha saja."

Sebenarnya ingin sekali kukatakan kepada mereka, pilihlah jurusan yang tidak membuatmu-setelah tamat-mencari kerja tapi kerja yang mencarimu. Atau pilihlah jurusan yang membuatmu tidak seperti kuliah tapi bermain-main. Dan setelah tamat, kamu tidak merasa kerja tapi bermain-main lalu dibayar. Bila berada pada kondisi seperti itu uang mengundang kebahagiaan datang untukmu.

Apakah ada jurusan di universitas yang membuka jurusan main-main? Tak ada. Tapi hampir semua jurusan di universitas mengajarimu cara bermain-main dengan cerdas. Malah setelah itu kalian bisa dapat ijazah.

Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memilih jurusan seperti itu. Pada tulisan ini, saya akan membaginya pada kalian.

Billy Boen, salah seorang pengusaha yang sukses di usia muda, mengatakan temukan passionmu. Passion adalah kegiatan yang membuatmu seperti bermain-main dan begitu bahagia ketika melakukannya. Contoh, kalian sangat senang main bola, itu namanya hobi. Tapi ketika kalian jadi pemain bola dan dibayar, itu namanya passion. Kalian senang bermain game, itu namanya hobi. Tapi ketika membuat game dan menjualnya, itu namanya passion. Kalian senang memasak, itu namanya hobi. Tapi saat kalian menjadi chef dan dibayar, itu namanya passion. Kesimpulannya, kalian melakukan kegiatan yang membuatmu seperti bermain-main dan begitu bahagia dan dibayar setelah melakukannya.

Setelah menemukan passionmu, tentukanlah jurusan apa yang bisa membuatmu lebih mahir atau terampil yang sesuai dengan passionmu. Contoh, senang bermain bola, masuklah jurusan olahraga atau sekolah sepak bola. Suka bermain game, masuklah jurusan TIK atau yang lebig spesifik lagi, rekayasa aplikasi. Suka memasak, masuklah jurusan tata boga.

Percayalah, selama kuliah, kalian merasa tidak seperti kuliah. Kalian akan senang ke kampus. Kalian dengan mudahnya menyelesaikan tugas dari dosen. Kalian bisa dengan mudah terus meningkatkan kemampuanmu. Tanpa terasa kalian akan tamat dan dapat ijazah. Karena kalian sangat ahli, pekerjaan yang mencarimu. Uang mendatangimu.

"Jadi Pak, jurusan apa yang bisa cepat dapat kerja setelah tamat?"
John Lasseter, animator Pixar, mengatakan, pilih sesuatu yang kalian ingin (senang) lakukan, dan kalian tidak akan bekerja seumur hidup.*


pembahasangeografi.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Passion: Bermain-main Kemudian Dibayar"

Posting Komentar